BeAT VS MIO VS SPIN VS LIBERO

 

19 Jun

Honda BeAT

BeAT ikut meramaikan perang di pasar matic menengah bawah, dengan menawarkan fitur lebih lengkap dari pesaingnya, BeAT mencoba menjadi market leader di kelas skutik. mari coba kita bandingkan.

Mio yang sudah hadir sejak tahun 2004 memang mendominasi sampai sekarang belum ada yang mengalahkan. Dari total penjualan skutik tahun ini (Jan-April 2008) Mio menguasai 58%, Honda menguasai 26,3%, Suzuki 15% dan sisanya Kymco. Target honda hingga akhir tahun ini adalah menjual BeAT sampai 40 ribu perbulan, berarti hampir menyamai Mio (non Mio Soul) yang sekarang mencapai 40-50 ribu perbulan (data AISI).

 

Yamaha Mio

Sekarang apa yang diunggulkan BeAT?

Dari sisi harga sebetulnya tidak ada selisih banyak, dari sisi dimensi keempat motor itu sebenarnya hampir sama, cuma BeAT mengklaim mempunyai ground clearance tertinggi dikelasnya (156 mm). soal sistem pengereman, suspensi dan transmisi semuanya sama. beda terdapat di ukuran roda, Mio, Spin dan BeAT menggunakan pelek 14 inci sedangkan Libero cuma 12 inci. tetapi BeAT sudah memakai ban paling lebar depan dan belakang.

Kymco Libero

Mesin yang digunakan keempat matic ini sama-sama menggunakan mesin SOHC 4 tak berpendingin udara, cuma Spin mengadopsi cc mesin terbesar dengan 124 cc dan BeAT terkecil dengan jumlah 108 cc. kapasitas tangki terbesar dipegang oleh Libero yang sanggup menampung 5 liter, sedang BeAT cuma menampung 3,5 liter.

Kalau diperhatikan perbedaanya sangat tipis, sekarang tinggal fitur lah yang dapat menjadi bahan pertimbangan. BeAT yang lebih mahal Rp.315 ribu daripada Mio mengusung banyak fitur kenyamanan seperti boks bagasi penyimpanan depan (dibawah setang kemudi), fitur keselamatan seperti Parking Brake Lock (rem tangan) dan Side Stand Switch yang seperti tersedia di kakaknya yaitu Vario.

Suzuki Spin

Desain bodi, bagian ini tergantung selera masing2 konsumen, karena selera setiap orang tidak sama, cuma desain lampu depan BeAT tidak seperti matic yang lain, yaitu ada di tengah bodi, bukan di setang kemudi seperti tiga pesaingnya.

Kesimpulan, untuk pertimbangan sebelum membawa pulang salah satu matic diatas yaitu tinggal sesuaikan dengan selera, jaringan aftersales service, brand dan resale value.

Yamaha Mio

Harga OTR (Jkt) Rp. 11,685 jt
Jaringan dealer Sekitar 2.700
Pilihan warna 5
Garansi mesin 3 thn
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi 1.820 X 675 X 1.050
Jarak sumbu roda 1.240 mm
Jarak terendah ke tanah 130 mm
Berat kosong 87 kg
Kapasitas tangki BBM 3,7 liter
Kapasitas oli mesin 0,9
Rangka
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Lengan ayun, sokbreker
tunggal
Ukuran ban depan 70/90 – 14M/C34P
Ukuran ban belakang 80/90 – 14M/C40P
Mesin
Tipe SOHC 4 tak
Sistem pendingin Udara
Diameter X langkah 50 x 57,9
Kapasitas Silinder
(cc)
113,7
Perbandingan kompresi 8,8:1
Daya maksimum (PS/rpm) 8,9/8.000
Torsi maksimum (Nm/rpm) 7,84/6.500
Karburator Keihin NCV24
Fitur
Bagasi bawah jok Ada
Bagasi depan Tidak
Aksesoris genuine Ada
Kunci magnet Tidak
Rem tangan Tidak
Side stand switch Tidak
Aki MF (Maintenance
Free)
Tidak

Suzuki Spin

Harga OTR (Jkt) Rp. 11,625 jt
Jaringan dealer Sekitar 1.002
Pilihan warna 5
Garansi mesin 3 thn
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi 1.859 X 654 X 1.046
Jarak sumbu roda 1.244 mm
Jarak terendah ke tanah 145 mm
Berat kosong 93 kg
Kapasitas tangki BBM 3,7 liter
Kapasitas oli mesin 1
Rangka
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Lengan ayun, sokbreker
tunggal
Ukuran ban depan 70/90 – 14M/C34P
Ukuran ban belakang 80/90 – 14M/C40P
Mesin
Tipe SOHC 4 tak
Sistem pendingin Udara
Diameter X langkah 53,5 x 55,2
Kapasitas Silinder
(cc)
124
Perbandingan kompresi 9,6:1
Daya maksimum (PS/rpm) 9,6/8.000
Torsi maksimum (Nm/rpm) 10,8/6.500
Karburator Mikuni BS26
Fitur
Bagasi bawah jok Ada
Bagasi depan Ada
Aksesoris genuine Ada
Kunci magnet Ada
Rem tangan Tidak
Side stand switch Tidak
Aki MF (Maintenance
Free)
Ada

Honda BeAT

Harga OTR (Jkt) Rp. 12jt
Jaringan dealer Sekitar 3.800
Pilihan warna 6
Garansi mesin 3 thn
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi 1.859 X 676 X 1.053
Jarak sumbu roda 1.240 mm
Jarak terendah ke tanah 156 mm
Berat kosong 89,3 kg
Kapasitas tangki BBM 3,5 liter
Kapasitas oli mesin 0,7
Rangka
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Lengan ayun, sokbreker
tunggal
Ukuran ban depan 80/90 – 14M/40P
Ukuran ban belakang 90/90 – 14M/40P
Mesin
Tipe SOHC 4 tak
Sistem pendingin Udara
Diameter X langkah 50 x 55
Kapasitas Silinder
(cc)
108
Perbandingan kompresi 9,2:1
Daya maksimum (PS/rpm) 8,22/8.000
Torsi maksimum (Nm/rpm) 8,33/6.500
Karburator Keihin VK22
Fitur
Bagasi bawah jok Ada
Bagasi depan Ada
Aksesoris genuine Tidak
Kunci magnet Ada
Rem tangan Ada
Side stand switch Ada
Aki MF (Maintenance
Free)
Ada

Kymco Libero

Harga OTR (Jkt) Rp. 12,250 jt
Jaringan dealer Sekitar 800
Pilihan warna 4
Garansi mesin 3 thn
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi 1.823 X 690 X 1.113
Jarak sumbu roda 1.270 mm
Jarak terendah ke tanah 123 mm
Berat kosong 98 kg
Kapasitas tangki BBM 5 liter
Kapasitas oli mesin 0,8
Rangka
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Lengan ayun, sokbreker
tunggal
Ukuran ban depan 90/90 – 12
Ukuran ban belakang 90/90 – 12
Mesin
Tipe SOHC 4 tak
Sistem pendingin Udara
Diameter X langkah 52,4 x 51,8
Kapasitas Silinder
(cc)
111,2
Perbandingan kompresi 9,5:1
Daya maksimum (PS/rpm) 9,2/7.500
Torsi maksimum (Nm/rpm) 8,82/6.500
Karburator Keihin/Kymco CVK
Fitur
Bagasi bawah jok Ada
Bagasi depan Ada
Aksesoris genuine Tidak
Kunci magnet Tidak
Rem tangan Tidak
Side stand switch Tidak
Aki MF (Maintenance
Free)
Tidak

Source from Otomotif | photo by indonetwork.co.id | mobiljogja.com | kymcomotorclub.com

~ by imammukyidin15 on April 14, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: